Langsung ke konten utama
Dedengkot NU yang Tak Pernah Lepas Peci dan Sarung
KH WAHAB CHASBULLAH


Selain Hadratus Syeikh KH Hasyim Asy’ari, dikenal pula nama KH Wahab Chasbullah yang disebut-sebut sebagai ‘dedengkot’ Nahdlatul Ulama (NU). Namanya memang tak setenar KH Hasyim Asy’ari. Namun, kiprahnya dalam membesarkan organisasi kemasyarakatan Islam terbesar di Tanah Air ini, tak bisa dikecilkan.

Kiprahnya di panggung politik pada periode awal kemerdekaan pun dicatat sendiri oleh sejarah. Kiai Wahab bersama kaum pergerakan lainnya, seperti, Ki Hajar Dewantoro, Dr Douwes Dekker, Dr. Rajiman Wedyodiningrat, duduk dalam Dewam Pertimbangan Agung, kemudian berkali-kali duduk dalam kursi parlemen sampai akhir hayatnya pada 1971.<>

Namun, Rais Aam NU pertama yang juga pendiri Sarikat Islam (SI) Cabang Makkah itu pun dikenal sangat bersahaja dan sederhana. Ia juga dikenal sebagai kiai yang tak pernah meninggalkan identitas ke-NU-annya. Ia selalu setia mengenakan sarung dan serban. Pakaian semacam itu ia kenakan juga saat berada di parlemen, Istana Presiden atau di front pertemuan.
“Beliau (Kiai Wahab, Red) ke mana-mana selalu pakai peci, kadang serban. Ke luar negeri, kalau diajak Bung Karno, ke Rusia, Eropa, Amerika Serikat, mesti pakai sarung dan peci,” katat Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siraj.

Bahkan, tutur Kang Said—begitu panggilan akrabnya—suatu ketika, Kiai Wahab berbicara dalam sidang parlemen. Sebelum naik podium, ia terlebih dahulu membetulkan letak serbannya. Pada saat itu, katanya, ada mulut usil nyeletuk, “Tanpa serban kenapa sih?” Sambil menunjuk serbannya, Kiai Wahab kontan menjawab, “Serban Diponegoro!”

Ketika berdiri di podium, sang kiai, sambil menunjuk serbannya berkata, “Pangeran Diponegoro, Kiai Mojo, Imam Bonjol, Teuku Umar, semuanya pakai serban.” Karuan saja ruangan sidang dipenuhi gelak tawa anggota parlemen.
Peran paling menonjol dari Kiai Wahab dalam hal ini adalah sebagai negosiator antara kepentingan NU dan pihak pemerintah. Tidak heran, dengan fungsinya itu Kiai Wahab sangat dekat dengan presiden dan pejabat tinggi lainnya.
Dalam intern NU sendiri puncak karier Kiai Wahab adalah ketika bersama-sama tokoh muda lainnya, seperti, KH Wahid Hasyim dan Idham Chalid menjadikan NU sebagai partai politik bersaing dengan partai lainnya yang lebih dahulu mapan dalam gelanggang politik Indonesia dan diterima secara bulat dalam Muktamar NU tahun 1952.

Pada waktu itu, situasi hubungan antara NU dan Masyumi dan juga tokoh-tokohnya amat tegang. Meskipun Dr. Sukiman sendiri menyaksikan peristiwa keluarnya NU dari Masyumi, hal itu tidak cukup untuk mengatasi situasi tersebut. Situasi ragu dan tegang juga menghantui pengikut dan pimpinan NU yang semula duduk dan aktif dalam Masyumi. Dalam situasi seperti itu, Kiai Wahab tampil dengan sikap khasnya, yaitu tegas dan berwibawa.

Katanya, “Siapa yang masih ragu, silakan tetap dalam Masyumi. Saya akan pimpin sendiri partai ini (NU). Saya hanya memerlukan seorang sekretaris dan Tuan-tuan silakan lihat apa yang akan saya lakukan!”
Alhasil. Beberapa tahun kemudian, dalam Pemilu 1955 Partai NU keluar sebagai salah satu partai terbesar di samping PKI, PNI dan Masyumi.
Kiai Wahab juga dikenal sebagai pengatur strategi perjuangan NU yang baik dalam kancah pergolakan dan turun naiknya politik Islam, mulai dari pembentukan MIAI (Majelis Islam A’la Indonesia), GAPPI (Gabungan Partai Politik Indonesia), Masyumi, sampai NU keluar dari partai Islam tersebut. (rif)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH KELAM PEMBUNUHAN SESAMA MUSLIM YANG TAK PERNAH TERLUPAKAN Gelombang JARGON Kembali ke Al Qur'an dan As Sunnah Sangat Deras Sekali . Sebuah fenomena ??? Akankah terulang Sejarah Akhir priode khulafaur rosyidin di NKRI yg kita cintai .... ?  “Hukum itu milik Alloh, wahai Ali. Bukan milikmu dan para sahabatmu.” Itulah teriakan Abdurrohman bin Muljam Al Murodi (Khowarij) ketika menebas tubuh Sayyidina Ali bin Abi Tholib, karomallohu wajhah pada saat bangkit dari sujud sholat Shubuh pada 19 Romadlon 40 H itu. Abdurrohman bin Muljam menebas tubuh Sayyidina Ali bin Abi Tholib dengan pedang yang sudah dilumuri racun yang dahsyat. Racun itu dibelinya seharga 1000  Dinar. Tubuh Sayyidina Ali bin Abi Tholib mengalami luka parah, tapi beliau masih sedikit bisa bertahan. 3 hari berikutnya (21 Romadlon 40 H) nyawa sahabat yang telah dijamin oleh Rosululloh SAW menjadi penghuni surga itu hilang di tangan seorang muslim yang selalu merasa paling Islam. Sayyidina...
Kopiah Hitam Sebagai Simbol Patriotisme KOPIAH adalah tutup kepala yang terbuat dari beludru warna gelap dengan ketinggian antara 6 sampi 12 Cm. Dari segi bentuk merupakan modifikasi antara torbus Turki dengan peci India. Di tempat lain kopiah juga disebut sebagai songkok ada juga yang menyebut peci. Kopia ini sudah cukup lama dipakai oleh masyarakat Islam Nusantara terutama kalangan pesantren. Dikisahkan bahwa seorang santri Sunan Giri Gresik dikenal sebagai raja cengkeh, karena kalau pulang ke kampung halamannya Maluku selalu membawa kopiah, sambil menyiarkan Islam di daerah yang dulu dikenal dengan nama Hitu itu  membawa kopiah, setiap sebuah kopiah diganti oleh masyarakat setempat dengan cengkih yang banyak sekali, sehingga ketika kembali ke pesantren Giri santri tersebut membawa cengkih yang amat banyak, yang sangat laku di Gresik. Demikian juga santri Giri yang pulang ke daerah asalnya juga selalu membawa kopiah, sehingga tutup kepala yang satu ini me...
SYEKH 'IZZUDDIN BIN' ABDUSSALAM Izzuddin bin 'Abdussalam adalah ahli fiqih (fuqaha') dari madzhab Syafi'i yang terkenal wara ', tawadhu' dan zuhud. Namun, sikap tawaddu'nya sama sekali tidak ada sama keberaniannya mengkritik kekeliruan seorang raja. Syaikh Izzuddin pernah mempin kaum Muslimin. Ia bergelar Sulthan al-Ulama '(pemuka para ulama'). Nama lengkap Syaikh Izzuddin adalah Abu Muhammad Izzuddin Abdul Aziz bin Abdis Salam bin Abu al-Qasim bin al-Hasan bin Humman al-Salami al-Dimasyqi al-Syafi'i. Dilahirkan di Damaskus pada tahun 577 H. Pidato ulang jenis lain lahir pada tahun 578 H. "Izzuddin" (kemuliaan agama) adalah gelar yang diberikan berkatkarya kepakarannya dalam agama. Beliau juga disebut Sulthan al-Ulama (pemuka para ulama '). Gelar ini diberikan oleh muridnya, Ibnu Daqiq al-'Id sebagai bentuk penghargaan atas atas kerja keras kedekatan para ulama pada masanya. Usaha itu diimplementasikan dalam sikap-s...